Kamis, 17 Mei 2012

8 Mei, Satu Hari Untuk Terumbu Karang


Terumbu Karang (Dok. Terangi)


Karang bukan hanya sekedar batu karang.  Dia itu makhluk hidup lho..!! Karang adalah hewan laut berbentuk polip. Nah, kalau terumbu karang adalah bangunan ribuan hewan karang yang menjadi tempat hidup berbagai ikan dan makhluk laut lainnya. Bila di daratan, keindahan daerah terumbu karang dapat disejajarkan dengan hutan tropis di Indonesia.

Indonesia memiliki terumbu karang dengan luas mencapai 60,000 km2 dan nomor 1 terluas di dunia..!! Namun sayangnya, terumbu karang kita sangat rentan terhadap tekanan baik dari alam maupun dari manusia.

Kondisi terumbu karang di Indonesia sudah kritis. Selain karena perubahan iklim manusia yang tidak bertanggungjawab dengan sampah dan perilakunya juga ikut menyumbang kerusakan terumbu karang dan mengganggu keseimbangan kehidupan laut.” -Neviaty P. Zamani, Ketua Program Pascasarjana Ilmu Kelautan IPB-

Menjawab kegelisahan ini, sejumlah organisasi menetapkan tanggal 8 Mei sebagai satu hari untuk terumbu karang atau Coral Day. Coral Day merupakan inisiatif gerakan penyelamatan terumbu karang Indonesia serta sebagai penghargaan inisiatif rehabilitasi terumbu karang di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat lokal serta organisasi atau LSM terkait.

Sumber:
http://coralday.wordpress.com/
http://terangi.or.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar