Selasa, 09 Juli 2013

Trash Buster : Wadah Silaturahmi Komunitas Jakarta

Aksi peserta setelah Trash Buster (Foto: @hendraaquan)
Trash Buster yang telah dilakukan pada tanggal 23 Juni lalu, tidak hanya memberi kesan bagi usaha kelompok masyarakat yang peduli terhadap keberadaan lahan basah Jakarta dengan melakukan aksi bersih sampah. Kampanye publik tersebut juga menjadi media berkumpulnya orang-orang yang tergabung dalam komunitas-komunitas dengan kegiatan yang berbeda-beda. 

Paling tidak enam komunitas yang terlibat dalam Trashbuster lalu melibatkan 120 peserta  mulai dari anak-anak hingga orang tua, laki-laki dan perempuan bahu membahu mengangkat sampah di Suaka Margasatwa Muara Angke dari pukul 08.30 hingga pukul 10.00. Para peserta bekerja dalam kelompok, saling membagi peran dan tidak ada yang saling mengandalkan.

Dalam aksi publik tersebut, tidak hanya orang lama atau orang baru yang ikut melakukan bersih sampah tapi juga orang yang sudah lama tidak muncul kemudian terlibat kembali juga ada dengan ceritanya masing-masing. Trash Buster menjadi momentum indah bagaimana sebuah kegiatan dapat direncanakan dan dikerjakan oleh banyak komunitas.

Kegaitan yang diharapkan menjadi kegiatan rutin sebagai pengingat akan kondisi lingkungan Jakarta ini juga menjadi wadah berkumpulnya komunitas-komunitas yang selama ini terserak di Jakarta yang banyak melakukan kegiatan  beragam namun memiliki harapan yang sama. Sampai bertemu di Trash Buster selanjutnya. (Edy Sutrisno - TRASHI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar