Sabtu, 11 Mei 2013

Sulap Air Ciliwung di Greenovation UI


Aksi sulap air Ciliwung di Perpustakaan Pusat UI
(Video: Andrey Banyudoyo)
Permainan sulap kali ini bercerita tentang perjalanan air Ciliwung yang dibawakan oleh Fajar Subyakto dan saya. Permainan ini ditampilkan dengan segelas air bening yang diumpamakan sebagai kondisi Ciliwung di masa lalu yang masih jernih belum tercemar. 

Air dalam gelas itu kemudian dimasukkan ke dalam koran. Secara misterius, tiba-tiba air menghilang. Koran adalah gambaran dari perjalanan waktu. Pada saat air dikeluarkan dari koran, air berubah sangat keruh seperti penampakan Ciliwung sekarang. Kondisi ini menggambarkan pencemaran yang terjadi selama berpuluh tahun di sepanjang aliran Ciliwung. Pencemaran ini mulai dari limbah rumah tangga, limbah pabrik hingga tumpukan sampah plastik dan styrofoam yang sangat mudah ditemui di sepanjang alirannya. Lalu kemudian, di tangan saya air itu disulap kembali jernih. 

Melalui sulap ini, pesan yang disampaikan bahwa kita mampu mengembalikan air Ciliwung dengan tangan kita asal kita ada komitmen dan mau melakukannya secara bersama. (Yusuf Garuda - Koordinator Volunteer TRASHI)

NB:
Video pertunjukkan sulap sila kunjungi http://youtu.be/1NBrLqL9zyo

Atraksi sulap untuk kali Ciliwung (Jakarta Community)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar