Rabu, 06 November 2013

ANTAM dan Trashi Rehabilitasi Mangrove Tanjung Burung

Lokasi penanaman mangrove Tanjung Burung

Tanjung Burung merupakan salah satu kawasan di pesisir utara Tangerang. Kawasan ini merupakan salah satu tempat mencari makan burung air dari Pulau Rambut. Namun di sisi lain kita melihat, kondisi lahan Tanjung Burung yang merupakan area tambak udang dan bandeng menyebabkan kerusakan lahan yang cukup parah. Ketiadaan ekosistem mangrove di kawasan ini dapat meningkatkan resiko abrasi garis pantai.

Tanjung Burung sebagai kawasan yang berada di akhir dari aliran Cisadane mendapatkan perhatian khusus dari PT. ANTAM. Bekerja sama dengan Trashi, ANTAM melakukan kegiatan rehabilitasi lahan kritis di pesisir utara Tangerang tersebut dengan penanaman 50.000 bibit mangrove jenis Api-api (Avicennia sp.) dan Bakau (Rhizopora sp.). Program ini merupakan bagian besar dari kegiatan Program Penanaman Satu Juta Lima Ratus Ribu Pohon ANTAM Tahun 2013.

Selama progam rehabilitasi lahan kritis tersebut akan dilakukan penanaman 50.000 bibit pohon mangrove jenis Api-api (Avicennia sp.) dan Bakau (Rhizopora sp.) di lahan seluas 5.000 meter persegi. Program ini sedang dalam persiapan. Pelaksanaan hingga perawatannya akan melibatkan kelompok petani mangrove yang berada di sekitar wilayah Tanjung Burung. (Hendra Aquan - TRASHI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar