Senin, 25 Juni 2012

Berburu Sampah di Ancol

Minggu, 24 Juni 2012, Transformasi Hijau, HSBC dan Gren Radio menyelenggarakan Water Festival di Pantai Indah Ancol. Acara yang diikuti oleh berbagai komunitas seperti Teens Go Green, Ancol Sayang Lingkungan, Sarongge Organic Farm dan Instalasi Daur Ulang berlangsung meriah.

Water Festival ini dihadiri kurang lebih 500 orang yang berasal dari keluarga HSBC dan relawan komunitas yang terlibat pada festival ini. Acara dibuka dengan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) 88. Senam ini dulu pernah populer di masyarakat, namun kini gaungnya sudah tidak terdengar. Para peserta nampak antusias bernostalgia dengan gerakan senamSKJ 88.

Trash Hunting dimulai dengan membagi peserta ke dalam 10 kelompok. Setiap kelompok dibedakan dengan penanda bendera beragam warna. Secara simbolis, rombongan peserta diberangkatkan oleh Alan Richard CEO HSBC dan Babe Iding, penjaga kali Pesanggrahan. Peserta berpencar ke sepuluh lokasi di sepanjang Pantai Indah Ancol dan mengumpulkan sampah yang dipisahkan pada karung yang berbeda, seperti jenis sampah plastik, botol, styrofoam dan sampah lainnya.

Trash Hunting ini berlangsung selama satu jam. Sampah yang terkumpul kemudian ditimbang, dan jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 211,3 Kilogram. Beberapa di antaranya, seperti botol kemasan plastik dimanfaatkan Instalasi Daur Ulang untuk dijadikan bahan kreasi.

Pemanfaatan kemasan barang bekas menjadi barang kreasi yang dilakukan komunitas Instalasi Daur Ulang memberikan pendidikan kepada peserta untuk memaksimalkan pemakaian barang bekas sebelum akhirnya dibuang ke tempat sampah. Pada kesempatan tersebut, nampak beberapa anak ikut mencoba berkreasi membuat mobil berbahan dasar botol kemasan plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar