Senin, 06 Mei 2013

Belajar Dongeng Bersama Rumah Pohon Activity

Karakter Juki & Friends sebagai
media penyampaian pesan lingkungan (Foto: satulingkar.com)

Minggu (5/5), delapan orang volunteer TRASHI berbondong-bondong main ke markas Rumah Pohon Activity (RPA) di daerah Jalan Tambak 2, Manggarai. Rombongan kami disambut oleh Salma Indria Rahman yang akrab dipanggil Kak Salma. 

Pada pelatihan dongeng ini, para volunteer yang masih awam dengan dunia perdongengan mendapat tips dan trik dari Kak Salma. "Pelatihan yang difasilitasi oleh RPA ini adalah salah satu cara pengembangan kapasitas volunteer pendidikan lingkungan" ujar Yusuf, koordinator volunteer TRASHI. Kegiatan pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh TRASHI selama ini banyak yang menyasar usia pendidikan SMP ke atas. Yusuf berharap, bekal mendongeng yang akan didapatkan dari pelatihan bersama RPA ini nantinya akan digunakan untuk menjangkau target peserta usia SD bahkan hingga TK dan Kelompok Bermain. 

Pelatihan yang dijadwalkan setiap hari minggu ini akan berlangsung sampai akhir bulan Mei. Pada tanggal 2 Juni, diharapkan peserta pelatihan bisa mementaskan hasil karyanya. Beberapa karakter dongeng yang telah disiapkan antara lain Bubut jawa dan Jalak putih. Penasaran dengan nama sang karakter dan nama mereka? Tunggu tanggal mainnya ya, karena masih top secret

Aktifitas mendongeng ini akan menjadi salah satu materi yang ditawarkan TRASHI pada setiap kegiatan pendidikan lingkungan. Naskah cerita tentunya masih seputar ruang terbuka hijau dan satwa yang masih bertahan hidup di dalamnya. Ada yang tertarik untuk terlibat dengan pelatihan ini atau mau membantu tim dongeng TRASHI, sila hubungi Yusuf 083875480263. (Ulfah Wulandari - TRASHI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar