Rabu, 05 Juni 2013

Paket Bayi di Hari Lingkungan

Bayi Jambu Bol (Baby Tree Campaign)
Rabu (5/6) jam 09.00, di Hari Lingkungan, TRASHI mendapat kiriman paket bayi Jambu bol dari #100jutapohon. Paket bayi Jambu bol ini dikemas layaknya bayi manusia. Lengkap dengan selimut bayi dan disertai juga dengan keranjang anyaman. Penampakannya imut dan lucu mirip seperti bayi manusia. Hanya bedanya, bayi Jambu bol ini tidak menangis dan terdapat beberapa helai daun menghijau muda yang muncul dari balik balutan selimut bayi.

Pada paket unik ini, turut juga dikirimkan cara menanam dan merawat sang bayi. Jambu bol yang dikenal di dunia ilmiah sebagai Syzygium malaccense memiliki beragam manfaat. Pohon buah ini memiliki beberapa nama lokal seperti Jambu darsono, Jambu bol harman, Jambu dersono dan Jambu bol kapas. 

Penelitian yang dilakukan pada 100 gram Jambu bol terkandung energi sebesar 56 kilokalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 14,2 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 29 miligram, fosfor 16 miligram, dan zat besi 1 miligram. Tidak hanya itu, pada buah Jambu bol juga memiliki kandungan vitamin A  130 IU, vitamin B1 0,02 miligram dan vitamin C 22 miligram.  

Walaupun khasiat Jambu bol ini sangat banyak namun karena keterbatasan lahan, banyak jenis tanaman buah yang bermanfaat harus dikorbankan demi alasan pembangunan kota. Paling mudah, coba kita lihat ke halam rumah. Berapa banyak tanaman buah yang kita miliki? Berbagai alasan muncul, misalnya karena keterbatasan lahan, sehingga menyebabkan tidak adanya ruang untuk menanam tanaman lagi.

Melihat kondisi ini, muncul sebuah gerakan yang diinisiasi oleh CSR Pertamina. Gerakan yang dinamakan #100jutapohon tersebut, merupakan gerakan yang terintegrasi antara online dan offline sebagai bagian dari Gerakan 100 Juta Pohon. Sebagai komunitas lingkungan, TRASHI ikut terlibat aktif dalam menyebarkan semangat gerakan #100jutapohon. 

Dalam peringatan Hari Lingkungan 2013, Pertamina melakukan kampanye publik dengan mengirimkan bingkisan bibit pohon bertajuk "Baby Tree Campaign." Kampanye ini dilakukan dengan cara mengemas bibit pohon seperti layknya bayi manusia kepada para public figure / opinion leader di Jakarta secara serempak. 

Bagi teman-teman yang tergerak untuk mendukung gerakan ini, silahkan untuk melakukan tweet tentang lingkungan dengan tagar #100jutapohon. Setiap 2 tweet yang dikirimkan akan dikonversi menjadi 1 bibit pohon yang akan ditanam di beberapa lokasi yang sudah disiapkan. 

Mau bantu menyebarkan semangat ini? Mari kabarkan ke saudara, keluarga dan teman untuk peduli lingkungan, mulai dari jari kita. Selamat Hari Lingkungan, mari kita lakukan perubahan!  (Hendra Aquan - TRASHI)

Sumber informasi: 
Isi Kandungan Gizi Buah Jambu Bol - Komposisi Nutrisi Bahan Makanan (http://bit.ly/1b331Cd)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar