Selasa, 17 September 2013

Penyelam Bersihkan Sampah Kolam Patung Kuda

Kampanye publik untuk mengajak warga Jakarta
mengurangi sampah (foto: Yusuf Aprianto)

Transformasi Hijau kembali eksis di dunia kampanye lingkungan. Kali ini TRASHI eksis bareng Green Smile untuk kampanye tentang sampah di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Kampanye publik ini dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia pada tanggal 15 September 2013.

Dalam rangka persiapan kampanye tersebut, pada tanggal 12 September diadakan persiapan di sekretariat Green Smile di Bendungan Hilir. Pada pertemuan itu dijelaskan tentang teknis pelaksanaan kampanye. Skenario kampanye itu adalah para peserta berjalan dari depan gedung UOB sampai Bundaran Patung Kuda. Awalnya rute perjalanan tersebut dirancang hanya sampai di Bundaran HI dan kemudian dilakukan aksi penyelaman di kolam air mancur 2 orang penyelam profesional untuk mengambil sampah di dalamnya. Menyelam di kolam air mancur ini merupakan kampanye publik bahwa kondisi lingkungan Jakarta saat ini sudah dipenuhi sampah. Tidak hanya di darat saja, serangan sampah ternyata sudah menyebar hingga ke perairan Kepulauan Seribu. Salah satu pulau yang terkena dampak bencana sampah yaitu Pulau Pramuka. Menurut perhitungan, hanya dalam 2 hari sampah Jakarta setara dengan Candi Borobudur. Sungguh miris mendengarnya namun itulah kenyataannya.

Pada hari pelaksanaan (15/09), aksi menyelam tidak bisa dilakukan di kolam Bundaran HI. So, penyelamanpun dipindah ke Bunderan Patung kuda. Jadinya kami berjalan dari depan Plaza UOB untuk mengajak warga Jakarta untuk ikut kami dan melihat aksi 2 orang penyelam profesional tersebut mengambil sampah di kolam Bunderan Patung Kuda.

Sebelum aksi kami mengumpulkan masa dengan membagikan goodie bag yang dapat ditukar dengan kantong plastik sebagai bentuk keikutsertaan dalam kampanye diet kantong plastik. 
Setelah masa banyak berkumpul, maka aksipun dimulai. Di lokasi sudah ada 2 Miss Scuba, yaitu Nendy dan Dayu yang menyemangati aksi para penyelam profesional tersebut. Dari aksi tersebut kami mendapatkan satu karung penuh sampah yang di ambil dari dalam kolam Patung Kuda tersebut. 

Kampanye ini adalah kegiatan pembuka untuk aksi bersih sampah di Pulau Pramuka (28/09). Kegiatan ini terbuka untuk umum. Untuk ikut bersih sampah pulau tersebut, silahkan menghubungi Green Smile. (Yusuf Aprianto - TRASHI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar