Selasa, 24 Januari 2012

My First Experience of Camping

Kemping di Ciliwung 21-22 Januari 2012. Awalnya sempet ragu waktu ditawarin ikut acara ini sama kak Ady karena belum tau sama sekali gambarannya kayak gimana, terus begitu udah menjelang hari 'H' dan yakin mau ikut sempet nggak dibolehin sama ibuku gara-gara cuacanya lagi nggak mendukung. Tapi Alhamdulillah akhirnya dibolehin :D yey. Rencananya jam 06.00 udah harus berangkat dari rumah ke stasiun ps. minggu, berhubung hari jumat aku pergi dan pulang malem alhasil baru bisa packing jam 04.00 pagi jadinya aku sedikit telat hehehe (maaf yaa teman-teman).

Setelah sampe di Pasar Minggu belum ada siapa2 dan itu pertama kalinya juga aku naik kereta hehe (norak banget ya). Terus nggak lama anak-anak SMK 20 dateng ada Tata, Ega sama Diah, nggak sampe disitu aja, kita masih harus nunggu anak-anak SMK 24. Inget banget Ucup sms "Di Pasar Minggu jam 8 yaa, nggak pake telat!" tapi hellooooooo?? anak-anak SMK 24 kok nggak dateng-dateng yaaa. Kita sampe udah berapa kali tuh ganti pose.

Jeng-jeeeeeeeng!! tiba-tiba segerombol orang dateng dengan wajah sumringah tanpa rasa bersalah, yaa itu anak-anak SMK 24. Nggak pake lama kita langsung beli tiket dan langsung nunggu lagi keretanya dateng -_-". Aku juga kurang tau kira-kira perjalanan dari stasiun ke lokasi berapa lama tau-tau udah sampe aja di Bojonggede. Dari stasiun kita masih harus naik angkutan umum lagi ke H. Wahid, desa Glonggong. Nggak cuma itu, buat menuju lokasi kemah kita perlu jalan kaki (lumayaaaan jauh). Tapi, begitu sampe di lokasi semua rasa cape, panas, pegel itu langsung hilang gitu aja waktu ngerasain sejuknya udara di sana hhhh :)

Pembagian Kelompok dan Briefing Peserta Kemping di Ciliwung

Pertama-tama kita ada sedikit briefing dari kakak-kakak panitia sekaligus pembagian kelompok. Kebetulan aku, Dewi, Ulfah, Ucup sama kak Yuli ditunjuk buat jadi pembimbing kelompok dan aku kebagian bimbing kelompok 3 ada kak Anit, Diah, Anki, kak Gina.

Pos pertama yang kita datengin pos air pematerinya kak Hendra, di pos ini kak Hendra menjelaskan tentang siklus hidrologi dan kondisi air dilihat secara fisik, kimia dan biologi. Lanjut ke pos 2 ada kak Gilang yang ngisi materi tentang serangga, kakak yang ini menjelaskan tentang berbagai spesies kupu-kupu, juga ngasih liat kupu-kupu yang udah diawetkan sama kak Gilang. Naaaaaah ini yang paling aku tunggu-tunggu, ISHOMAAAAAAA hahahaha soalnya aku udah laper banget :D

Selesai ISHOMA masih ada 3 pos lagi yang belum dikunjungi. Pos ke 3 itu pos tentang herpetofauna. Di pos 3 udah duduk rapi pemateri kita kak Seken yang menjelaskan tentang hewan-hewan melata, amphibi dan reptilia. Next, pos 4 ada kak Agnes sama kak Rizky (betul nggak?) mereka berdua menerangkan tentang burung, cara-cara dan apa saja yang diperlukan untuk melakukan pengamatan burung. Nggak cuma itu, kita juga disuruh coba buat sketsa burung yang ada di kamera kak Agnes dan cari tau itu burung apa.

Pos terakhir, pos 5 tentang vegetasi yang diisi sama kak Febri, kita dijelasin berbagai ekosistem yang ada di sekitar sana. Salah satunya macam-macam bambu. Misi pos terselesaikan sudah yeeeey :D

Sedikit main game, kakaknya minta kita buat main tap benteng okee bisa tapi, agak unik soalnya kali ini bukan cuma ada 2 benteng tapi 4 benteng. Yang pada akhirnya kelompok aku kalah dari kelompok Dewi.

Malam hari, kita dibagi kelompok lagi jadi 3 untuk pengapatan herpet (ngepet) aku kebagian kelompok 2 dibimbing sama kak Gilang, ada kak Putri juga. Kita nemuin 3 kodok, 1 katak, sama1 kadal (kalo nggak salah ya hehe). Setelah semua kumpul lagi kakak Seken menjelaskan tentang jenis herpet yang udah didapet sama masing-masing kelompok.

Kembali ke tenda, kita di sana nonton TRASHI NEWS yang MCnya ada Dewi, Ulfah sama Ucup, waaah mereka keren-keren loh cocok jadi pembaca berita.

Sleeping Timeeee -___- Besok pagi-pagi kita ada pengamatan burung. Heemmm agak berat cerita di bagian ini.

Kita menuju jembatan (TKP) yang lokasinya deket sama tenda. Kita nungguin burungnya muncul lumayan lamaaa sampe tiba-tiba ada motor lewat di jembatan, kita semua yang tadinya duduk langsung berdiri. Tapi aku tetep duduk soalnyaaaaa waktu aku mau berdiri, aku nengok ke bawah jengjengjeng ada hp warna biru *merk disensor* gelinding gitu aja daaaaaaaaaan byuuuuuuuuurrrrrrrr!! Percaya nggak percaya kalo yang berenang itu hp aku, terus nangis di tempat (jadi maluuuu banyak yang liat ^,^) Udah berusaha dicari sama kakak-kakaknya *makasih ya kak. Tapi emang bukan rezeki kali yaa. Alhamdulillahnya temen-temen semua di sana lucu (gila mungkin) jadi aku nggak kepikiran lagi, thanks All :)

Lanjut aja deh, selesai pengamatan burung kita sarapan. Sehabis sarapan istirahat sebentar lanjut lagi kita tubbing, yang sebelumnya udah diarahin sama kak Indri. Awalnya nggak kebayang berenang bareng sampah di Ciliwung, eh malah ketagihan sampe-sampe nambah 3 kali (padahal masih usaha nyari hp :( hahaha. Tubbing selesai kita packing buat pulang terus mandi. Berhubung kedapetan giliran terakhir mandinya jadi nggak sempet foto bareng. Orang-orang udah pada pulang, aku baru selesai beres-beres. Nggak berasa banget udah pulang aja, perasaan baru banget sampe. Pokoknya nggak akan lupa deh sama pengalaman luar biasa ini. Nggak nolak deh kalo diajak kemping lagi kak, mau banget aku. Thanks a lot for all :D (Hanan Nabilah - Young Transformers)